10 Hal Baik Untuk Merawat dan Mendidik Anak Semenjak Dalam Kandungan

Dikesempatan ini kita akan membahas mengenai 10 Hal Baik Untuk Merawat dan Mendidik Anak Semenjak Dalam Kandungan, hal ini bertujuan agar sang anak nantinya dapat menjadi anak yang baik, berbakti pada orang tua, dan taat agama nya. Berikut ini 10 hal tersebut.

10 Hal Baik Untuk Merawat dan Mendidik Anak Semenjak Dalam Kandungan

1. Membacakan Al-Quran

Membaca Al-Quran atau memperdengarkan bacaan Al-Quran adalah hal pertama untuk mendidik anak semenjak dalam kandungan. Fungsi membacakan Al-Quran adalah agar pendengarannya kita optimalkan untuk terbiasa mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran dan juga ketika sang anak memasuki masa kanak-kanak ia akan lebih mudah dalam menghafal ayat-ayat Al-Quran.

2. Membacakan Doa

Bacakan ia dengan doa-doa berikut ini.

1. Surah Al-Fatihah
Untuk menerangkan hati dan daya ingat.

2. Surah Yusuf
Untuk mendapatkan anak yang cantik akhlak dan rupanya.

3. Surah Yaasin
Untuk ketenangan hati anak, dan membuatnya tahan dari godaan setan.

4. Surah Luqman
Untuk mendapatkan anak yang cerdik jiwa dan akalnya.

5. Surah Maryam
Untuk memudahkan ibu melahirkan dan mendapatkan anak yang sabar dan taat.

6. Surah At-Taubah
Untuk membersihkan jiwa dan terpelihara ia dari maksiat.

7. Surah Hujurat
Untuk memperbanyak asi dan anak memiliki sifat berhati-hati.


هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ
Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa". (QS: Ali Imran Ayat: 38)


رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. QS: As Saffat :100)


وَٱللَّهُ أَخْرَجَكُم مِّنۢ بُطُونِ أُمَّهَٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْـًٔا وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمْعَ وَٱلْأَبْصَٰرَ وَٱلْأَفْـِٔدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (QS: An-Nahl Ayat: 78)

3. Ajak Berbicara

Mengajak ia berbicara dapat membuat indra pendengarannya mulai berkembang pada minggu ke 8 dan selesai pembentukan pada minggu ke 24. Contohnya "Adik, ibu mau berwudhu karena wudhu adalah satu cara sebelum menjalankan sholat dan sholat adalah kewajiban tiap muslim untuk beribadah kepada Allah, Sang Pencipta Alam Semesta yang menciptakan segala kehidupan dunia ini termasuk ayah ibu dan juga adik" Dan biasanya janin akan merespon dengan tendangan ke arah perut sang ibu.

4. Menjaga Perilaku

Menjaga perilaku sangatlah penting dan dibutuhkan ketika masa kehamilan. Karena akhlak orang tua sangat berpengaruh terhadap akhlak anak-anaknya kelak, terutama ibu hamil. Mulai dari sikap, ucapan hingga perilaku. Maka dari itu hindarilah perilaku yang kurang baik, menjaga emosi dan tinggalkan kebiasaan lama yang buruk, agar anak yang akan terlahir menjadi anak yang Sholeh dan baik, sebaik orang tuanya, karena jika orang tua berperilaku baik maka diharapkan sang anak juga meniru serta mencontoh perilaku baik dari orang tuanya.

5. Perbanyak Bersyukur

Bersyukur kepada Allah atas kehamilan yang diberikan. Bersyukur tidak hanya dengan ucapan tapi juga perbuatan. Yaitu menjaga kandungan dengan baik itupun bagian dari sebuah kesyukuran kita. Karena apabila bersyukur Allah akan menambahkan nikmat kepada kita, dan insyaAllah tambahan nikmat itu adalah anak yang kelak terlahir adalah anak yang sholeh.

6. Memperhatikan Asupan Makanan

Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 168 Allah berfirman, “Wahai manusia makanlah makanan yang ada di bumi yang halal lagi baik.” Berikanlah makanan yang halal kepada janin. Jangan sampai ada makanan haram masuk kedalam perut ibu, karena kehalalan rejeki juga akan berpengaruh bagi janin. Makanlah makanan yang halal, baik dan bergizi, agar janin tetap sehat.

7. Memeriksakan Kandungan

Memeriksa kandungan wajib bagi ibu yang sedang mengandung yaitu agar dapat mengetahui bagaimana kondisi janin. Lalu jangansegan untuk meminta saran dokter atau bidan untuk kebaikan kandungannya.

8. Perbanyak Belajar

Belajar merupakan salah satu cara mendidik anak yang akan lahir untuk menjadi anak yang pintar kelak. Apabila saat mengandung ibu sering belajar (Contoh : Matematika atau hitung-menghitung) tentu akan mempengaruhi otak dari janin, dan di harapkan anak yang terlahir akan memiliki kemampuan berpikir yang baik.

9. Bercerita dan Bernyanyi

Bercerita atau mendongeng berfungsi agar sang janin dapat mengenal banyak kosa kata walaupun ia belum mengetahui artinya. Bernyanyi juga sama baiknya untuk janin, karena hal ini diyakini dapat menenangkan hatinya.

10. Kurangi Stres dan Hentikan Kebiasaan Buruk

Banyak penelitian mengatakan, ibu yang sering stres dapat mengganggu perkembangan kecerdasan otak janin. Maka dari itu jika sudah menginjak usia kandungan 6 bulan keatas, kurangilah pekerjaan yang berat dan dapat mengakibatkan stres. Hentikan kebiasaan buruk, demi anak yang terlahir baik dan sholeh seperti yang diharapkan.


Demikianlah artikel ini kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat. Bila ada kesalahan penulisan, kami mohon maaf. Terima Kasih.
Previous
Next Post »